HERBAMED PROGELIN PLUS – HERBAL UNTUK ASAM URAT

HERBAMED NUR KOLIPID – HERBAL UNTUK KOLESTEROL
February 26, 2016
HERBAMED NUR KOLIPID – HERBAL KOLESTEROL
February 27, 2016

HERBAMED PROGELIN PLUS – HERBAL UNTUK ASAM URAT

Progelin-Plus-Herbal-Asam-Urat1

Progelin-Plus-Herbal-Asam-Urat1

Asam urat atau sering disebut rematik/encok merupakan penyakit yang ditandai rasa nyeri pada tulang, sendi, otot dan jaringan sekitar sendi.  Penyakit ini banyak ragam penyebabnya, diantaranya: kurang tidur sehingga terjadi penumpukan asam laktat, penggunaan sendi berlebihan yang menyebabkan terjadinya peradangan atau peradangan oleh sebab lain karena  terlalu banyak berjalan, turun-naik tangga, sering jongkok-berdiri, atau sebab lain kelebihan asam urat pada jaringan atau persendian. Asam urat (merupakan kristal putih yang tidak berbau dan berasa) dihasilkan oleh proses metabolisme utama, yaitu suatu proses kimia dalam inti sel yang berfungsi menunjang kelangsungan hidup.  Proses dimulai dari makanan yang berupa karbohidrat, protein dan selulosa (serat) melalui proses kimia dalam tubuh untuk diubah menjadi tenaga (energi) dan bahan-bahan kima lain yang dibutuhkan  tubuh.  Bila terjadi penyimpangan dalam proses metabolisme maka akan menyebabkan terjadinya kelebihan dan penumpukan asam urat. Kelebihan asam urat dalam darah akan menyebabkan pengkristalan pada persendian dan pembuluh kapiler darah terutama yang dekat dengan persendian, akibatnya apabila persendiaan digerakan akan terjadi gerakan antar kristal-kristal tersebut sehingga menimbulkan nyeri.  Penumpukan asam urat yang kronis pada persendian menyebabkan cairan getah bening yang berfungsi sebagai pelumas (lubrican) sendi menjadi tidak berfungsi akibatnya persendiaan tidak dapat digerakan. Demikian juga bila kristal asam urat mengendap pada pembuluh kapiler darah, bila kita bergerak kristal-kristal asam urat akan tertekan ke dinding pembuluh darah kapiler sehingga ujung kristal yang runcing menusuk ke dinding pembuluh darah kapiler yang menimbulkan rasa nyeri.   MENGOBATI DAN MENGONTROL ASAM URAT: Penderita Asam Urat sebaiknya mengkonsumsi herbal asam urat untuk pengobatan serta dianjurkan melakukan diet (pengaturan pola makan) untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengontrol kadar asam urat dengan menggunakan prinsip sebagai berikut: A.    Membatasi Asupan Purin 1)    Makanan yang Dianjurkan

Makanan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung purin rendah (0-15 mg Purin/    100 gr bahan) diantaranya:

  • Susu, Keju dan telur
  • Padi-padian atau sereal (Tepung beras, umbi-umbian, jagung, terigu, mie, dan bihun)
  • Sayur segar, (Jagung manis, labu siam, wortel, oyong, sawi putih, terong ungu, dan mentimun)
  • Buah-buahan (Sirsak, pepaya, mangga, stroberi, belewah, melon, semangka, pisang, jeruk, apel, tomat, pir, dan jambu biji)

2)    Makanan yang dilarang atau dibatasi

Makanan yang dilarang atau dibatasi adalah yang mengandung banyak purin.  Terdapat dalam golongan sebagai berikut:

  • Golongan I Bahan yang mengandung purin tinggi (150-1000 mg Purin / 100 gr bahan).  Dilarang dikonsumsi oleh penderita asam urat diantaranya:
    • Makanan laut seperti Udang, cumi, kerang dan remis
    • Daging unggas seperti angsa dan burung
    • Ikan sarden dan makarel
    • Jeroan dari berbagai jenis ternak (hati, ampela, usus, paru, jantung, limpa, babat dan otak)
    • Ekstrak daging atau kaldu instan
    • Makanan atau minuman yang menggunakan ragi (Tape, brem, donat) serta aneka makanan yang difermentasikan dengan ragi.
  • Golongan II Bahan makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg Purin / 100 gr bahan), konsumsinya harus dibatasi diantaranya:
    • Daging sapi dan ayam
    • Ikan seperti kakap, tongkol, tenggiri, gurame, bandeng dan bawal
    • Kacang-kacangan kering seperti, kacang hijau, kacang tanah, dan kacang merah dan kacang kedelai beserta hasil olahannya (Tahu, tempe, & Oncom) serta kacang tolo
    • Sayuran seperti asparagus, buncis, brokoli, kol, kembang kol, bayam, daun singkong, kangkung, daun pepaya, daun melinjo, dan jamur
    • Buah-buahan seperti durian dan alvokad.

B.    Banyak mengkonsumsi Karbohidrat Jenis karbohidrat yang dianjurkan adalah karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi, singkong, dan roti. C.    Mengurangi Konsumsi Lemak Hal ini disebabkan karena lemak bisa menghambat ekskresi (pengeluaran) asam urat melalui urine.  Makanan yang harus dibatasi seperti makanan bersantan, gorengan, alvokad, durian dan mentega. D.    Meningkatkan Asupan Cairan Penderita asam urat disarankan banyak mengkonsumsi air.  Cairan bisa berasal dari air putih, atau buah-buahan yang mengandung banyak air. E.    Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol Alkohol meningkatkan asam laktat plasma yang bisa menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. KANDUNGAN SENYAWA AKTIF DALAM FORMULASI:

  1. Flavinoida Apigenin -7-0- glukosida berfungsi untuk menghambat kerja enzim Xanthine oksidase (enzim yang mengubah alkoloid turunan purin menjadi asam urat) sehingga asam urat tidak terbentuk dalam tubuh.
  2. Mengandung ion-ion natrium dan kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan elektrolit pada ginjal dan ion-ion ini juga akan berikatan dengan asam urat membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air sehingga asam urat yang telah mengkristal didalam darah dan ginjal akan terlarut secara perlahan-lahan dan keluar melalui urine.
  3. Senyawa Shogaol dan Gingerol yang memiliki sifat sebagai antioksidan kuat yang memiliki mekanisme merangsang migrasi leukosit dan meningkatkan interleukin- ibeta dan machropage untuk meningkatkan daya imun tubuh, mengurangi peradangan dan analgesik
  4. Senyawa alkoloid justisin yang berfungsi melancarkan sirkulasi darah & membuka sumbatan2 pembuluh darah
  5. Senyawa Neoandrografolid dan Andrografolid mempunyai fungsi sebagai anti radang dan menurunkan demam (antipiretik)
  6. Senyawa Glikosida Pikroretosid dan Tinokrisposid yang berfungsi menghilangkan rasa sakit (Analgesik)
  7. Senyawa Kurkuminoid dan Tanin berfungsi memperbaiki metabolisme tubuh memperlancar proses pencernaan serta menyehatkan fungsi liver dan ginjal.

KHASIAT:

  1. Melancarkan sirkulasi darah dengan cara membuka sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah akibat kolesterol dan asam urat serta melancarkan meridian.
  2. Menormalkan kadar asam urat dalam darah dengan cara melarutkan asam urat dalam darah dan menghambat serta mencegah pembentukan asam urat.
  3. Mengoptimalkan kerja ginjal untuk mencegah pembentukan dan pemecahan kristal asam urat untuk dibuang (detoksifikasi) melalui urin (air kencing).
  4. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh serta meningkatkan imunitas tubuh.
  5. Mencegah dan mengatasi rasa sakit dan nyeri akibat peradangan.
  6. Mencegah dan mengatasi peradangan serta pembengkakan.
  7. Bekerja secara diuretik yaitu memperbanyak keluarnya air seni yang membawa serta sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh termasuk asam urat yang bisa menyebabkan rematik.
  8. Menjaga kesehatan jantung, hati, ginjal, paru-paru, usus besar dan usus halus.
  9. Sebagai anti oksidan untuk menetralisir efek degeneratif dari radikal bebas.

DOSIS:

  • 3 X 2 Kapsul/hari, diminum 30 menit sebelum makan

KOMPOSISI (DALAM BENTUK EKSTRAK):

  • Zingiberis Rhizoma                60 mg
  • Sonchi Folium                        50 mg
  • Andrographidis Herba             40 mg
  • Curcumae Rhizoma                40 mg
  • Sida Rhombifolia                    30 mg
  • Tinospora Caulis                    30 mg
CATATAN
  • Rasa meriang dan lemas badan serta sakit/nyeri dan pegal pada tulang dan persendian saat awal mengkonsumsi merupakan reaksi tubuh terhadap proses pengobatan dan detoksifikasi racun (asam urat) dalam tubuh.
  • Sertai dengan minum banyak air putih dan istirahat cukup.
SARAN- SARAN
  • Sebaiknya gunakan air hangat saat mandi pagi karena air hangat menyebabkan pergerakan sendi menjadi mudah sehingga penderita mudah bergerak.
  • Bagi penderita yang bertubuh gemuk disarankan menurunkan berat badan agar beban persendiaan berkurang.
  • Istirahat cukup di malam hari setidaknya 8 s/d 9 jam untuk menanggulangi keletihan.
  • Hindari stress yang dapat memicu kemarahan.
  • Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat dan minuman yang mengandung kafein.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.